Sunday, 30 October 2016

Cara Menulis Latar Belakang Yang baik Dan Benar

Tags
Cara Menulis Latar Belakang Yang baik Dan Benar

Dalam penulisan suatu karya ilmiah biasanya selalu diawali dengan latar belakang. Tujuan latar belakang dalam karya ilmiah adalah sebagai penggambaran kejadian yang melatar belakangi penulisan suatu karya ilmiah. Bagi yang sudah terbiasa menulis karya ilmiah menulis latar belakang suda tidak nenjadi masalah lagi tapi lain halnya dengan orang yang baru belajar menulis karya ilmiah mungkin menulis latar belakang cukup membuatnya kebingungan. Jadi bagaimakah cara menulis latar belakang yang baik dan benar ? berikut sedikit ulasan tentang cara menulis latar belakang yang baik dan benar.

Latar belakang berfungsi sebagai pijakan awal dari karya ilmiah untuk mengembangkan tulisan selanjunya. Dalam menulis latar belakang seorang bisa mengunakan dua sudut padang dalam mengembangkan karya tulisnya selanjutnya. Yakni penulisan latar belakang yang mengunakan sudut pandang deduktif maksudnya pemaparan suatu permasalahan yang dijadikan objek dalam karya tulisnya melihat suatu masalah dari sudut pandang umum kemudian dipaparkan secara rinci hingga akhir pembahasanya lebih berfokus kepada permasalahan yang menjadi objek penelitiaanya atau biasa digambarkan dengan pola piramida terbalik.

contohnya jika objek tulisannya adalah permasalahan pendidikan disuatu daerah maka terlebih dahulu dibahas dalam kajian yang lebih luas misalkan gambaran pendidikan yang di indonesia kemudian difokuskan pada daerah tersebut (umum ke khusus). Sudut pandang kedua adalah sudut pandang induktif adalah memaparkan suatu masalah secara rinci dan berfokus kepada objek yang memang akan diteliti kemudian dikaitkan dengan permasalahan permasalahan secara umum yang berkaitan dengan objek tulusan tersebut (Khusus ke umum)

Pada latar belakang juga harus dikuatkan dengan landasan penulisan karya ilmiah biasanya terdiri dari landasan teoritis dan landasan praktis. Landasan teoritis adalah teori teori para ahli yang menguatkan karya ilmiah tersebut sedangkan landasan praktis (faktual) adalah kejadian atau fakta fakta yang benar benar terjadi yang bisa menguatkan karya ilmiah tersebut.

Latar belakang juga harus memaparkan dampak suatu masalah yang menjadi objek penulisan karya ilmiah jika tidak segera ditangani, dampak tersebut biasanya berupa dampak sistemis jika masalah tersebut tidak segera diatasi. Selain itu latar belakang juga harus berisi solusi yang ditawarkan untuk menyelesaikan masalah yang menjadi objek penelitian.
#Cara Menulis Latar Belakang Yang baik Dan Benar

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248
EmoticonEmoticon