Monday, 17 October 2016

7 Tayangan Televisi Yang Mendidik bagi anak-anak dan bermanfaat

Tags
7 Tayangan Televisi Yang Mendidik bagi anak-anak dan bermanfaat
Semakin banyaknya stasium televisi membuat para orang tua harus cerdas dan selektif untuk memilih stasium televisi yang memiliki tayangan berkualitas dan mampu menghadirkan tontonan edukatif dan bermanfaat bagi anak-anak mereka. Hal yang perlu diketahui para orang tua bahwa tidak semua tontonan yang disuguhkan para satasium TV memiliki dampak positif dan tak jarang sebagian tayangan yang disuguhkan sebagian stasium TV memiliki efek negatif. 

Salah memilih tontonan sangat riskan dapat merubah karakter seseorang terlebih bagi anak-anak yang belum memiliki filter untuk menyaring tayangan yang tidak bermanfaat sehingga semua tayangan televisi  baik bermuatan positif ataupun negatif diserap dalam pikiran seorang anak, hal ini akan berpengaruh terhadap karakter anak oleh karena itu pengawasan orang tua sangat berperan dalam memilikan tayangan yang berbobot dan bernilai edukatif bagi perkembangan anak.

 7 Tayangan Televisi Yang Mendidik bagi anak-anak dan bermanfaat
Di indonesia terdapat beberapa stasium TV yang konsisten menampilkan tayangan yang mendidik dan bermanfaat bagi anak-anak walaupun tidak semua tayangan yang ditampilkan berbobot dan edukatif namun kebanyakan tayangan yang ditampilkan bisa dibilang bernilai edukatif dan cocok menjadi tontonan anak-anak, Berikut 7 Tayangan Televisi Yang Mendidik bagi anak-anak dan bermanfaat

1. Laptop Si Unyil (Trans 7)

Siapa yang tidak kenal Si Unyil ? boneka ikonik yang diciptakan oleh Alm. Raden Soejadi atau yang lebih dikenal dengan “Pak Raden” ini sangat tenar di TVRI pada tahun 1980-an. Dan Laptop Si Unyil ini adalah sebuah program acara yang menggali mengenai ilmu pengetahuan dan teknologi serta membahas juga mengenai permainan yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan dan boneka Unyil sendiri berperan sebagai pemandu yang akan bertutur dan bercerita pada pemirsanya mengenai apa yang sedang dibahas. Menurut saya pribadi, Laptop Si Unyil adalah program acara yang sangat mendidik plus menghibur untuk ditonton semua kalangan. Laptop Si Unyil sendiri perdana tayang pada 19 Maret 2007 dan bertahan hingga kini.

2. Dunia Handmade (Global TV)

Di Dunia Handmade, ada Made Arya dan Made Wira yang menjadi pemandu acara. Mereka akan memberikan tips-tips membuat barang bekas menjadi mainan. Anak-anak akan diajak untuk kreatif memanfaatkan barang tak terpakai. Handmade ini program televisi yang cukup menarik karena memberikan tips daur ulang yang unik dan hasilnya sangat rapi, detil, dan tak terlihat seperti terbuat barang bekas.

3. Si Bolang (Bocah Petualang)

Si Bolang atau bocah petualang adalah salah satu program petualangan anak-anak di TRANS7. Program ini mencoba mendekatkan kembali anak-anak di seluruh Nusantara dengan alam dan budayanya. Bagaimana Si anak berinteraksi dengan alam, budaya, dan bermain dengan beraneka ragam permainan tradisional. Selain itu, sisi-sisi human interest sang tokoh ketika menghadapi suatu masalah juga ditampilkan di Film semi dokumenter ini. Si Bolang adalah sebutan dari seorang anak setempat yang memimpin teman-temannya berpetualang di sekitar tempat tinggalnya. Hampir disetiap episodenya, bocah-bocah dan tokoh Si Bolang akan menampilkan petualangan-petualangan seru.

4. Dunia Binatang (Trans 7)

Seperti kita ketahui, Dunia Binatang tampil dari hari Senin sampai Jumat jam 01:30 siang. Untuk hewan yang dijadikan sebagai tema berganti-ganti tergantung tema yang yang diusung. Anak-anak sebagai generasi penerus bangsa perlu banyak menimba ilmu tentang hal yang ada disekitar kita dibandingkan menonton acara sinema elektronika yang terkadang menyajikan adegan yang kurang mendidik memilih menonton acara Dunia Binatang Trans 7 ini merupakan acara yang positif.

5. Pada Zaman Dahulu (MNC TV)

Serial kartun ini sebenarnya bukan berkisah kepada tentang kancil tetapi dua orang cucu yang menginap di rumah kakek dan neneknya sehingga kakeknya suka berkisah cerita tentang kancil. Kisah kancil yang diimajinasikan kepada kita saat kecil kini terekam jelas dalam dunia kartun produksi Malaysia juga. Kisah ini dibuat sebuah teladan bagi anak-anak disetiap alurnya lewat penuturan si kakek. Sampai-sampai cucunya tidak mau diajak pulang ayahnya karena terpesona dan senang dengan cerita kakek. Menarik dan menyenangkan kartun ini. Khas anak-anak entah siapa yang sebenarnya punya cerita ini pada awalnya yang jelas Malaysia sudah mengimajinasi otak kita dengan kartun dari kisah kancil nyolong timun.

6. Upin-Ipin (MNC TV)

Awalnya, Upin & Ipin ditayangkan khusus untuk menyambut Ramadan pada tahun 2007 untuk mendidik anak-anak mengenai arti dan kepentingan dari bulan suci Ramadan Upin dan Ipin merupakan sepasang kembar berusia belia yang tinggal bersama Kak Ros dan Mak Uda (biasa dipanggil Opah) di Kampung Durian Runtuh setelah kematian kedua orangtua mereka sewaktu masih bayi. Upin dan Ipin bersekolah di Tadika Mesra yang terletak dalam kawasan kampung, di mana mereka berteman dengan banyak teman yang bermacam-macam tingkah lakunya, seperti Mei Mei yang imut dan berkepribadian cerdas, Jarjit Singh yang gemar membuat humor dan membuat pantun, Ehsan yang cerewet dan suka makan, Fizi (sepupu Ehsan) yang penuh keyakinan diri tetapi suka mengejek orang lain, dan Mail yang berkemampuan untuk berjualan, suka melamun dan mengantuk karena ia berjualan ayam semalaman dan pandai berhitung. Kampung Durian Runtuh juga didatangi oleh seorang gadis bernama Susanti yang merupakan pindahan dari Jakarta, Indonesia.

7. On The Spot (Trans 7)

On The Spot adalah salah satu program yang disiarkan Trans7 setiap hari Senin – Jum’at, dimana menampilkan peristiwa-peristiwa atau tingkah laku pelaku hiburan baik di Indonesia maupun di dunia.

#7 Tayangan Televisi Yang Mendidik bagi anak-anak dan bermanfaat

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248
EmoticonEmoticon