Friday, 14 October 2016

5 DAMPAK POSITIF KEBIJAKAN TAX AMNESTY ATAU PENGAMPUNAN PAJAK YANG DITERAPKAN PEMERINTAH

5 DAMPAK POSITIF KEBIJAKAN TAX AMNESTY ATAU PENGAMPUNAN PAJAK YANG DITERAPKAN PEMERINTAH_ Salah satu kebijakan pemerintah dalam rangka meningkatkan penerimaan APBN negara dari sektor perpajakan adalah kebijakan tax amnesty atau lebih dikenal dengan pengampunan pajak, maksud dari pengampunan pajak adalah pemerintah membebaskan wajib pajak untuk menbayar semua denda pajak terkait keterlambatan atau memang tidak mau membayar pajak. Wajib pajak cukup membayar semua pajak yang belum dibayar atau menunggak tanpa harus membayar denda lagi.
 5 DAMPAK POSITIF KEBIJAKAN TAX AMNESTY ATAU PENGAMPUNAN PAJAK YANG DITERAPKAN PEMERINTAH

Tak tanggung-tanggung target pajak yang di incar pemerintah melalui kebijakan tax amnesty  atau pengampunan pajak berkisar diangka lebih dari Rp. 100 triliun, suatu angka yang cukup fantastis. Namun kebijakan tersebut tak lepas dari pro dan kontra, sebagian pihak merasa sangat optimis kebijakan tax amnesty dapat memenuhi target yang telah dicanangkan pemerintah tetapi sebagian pihak sebaliknya merasa pesimis target pajak dari kebijakan tax amnesty akan sangat sulit tercapai.

Berbagai sosialisasi dilakukan pemerintah agar masyarakat serta wajib pajak tahu mengetahui tentang apa sebenarnya yang dimaksud “tax amnesty”, sosialisasi yang terarah dan terorganisir cukup memberi hasil terlihat dari begitu banyaknya masyarakat yang antusias untuk mengikuti sosialisasi pengenalan tax amnesty atau pengampunan pajak. Kebijakan tax amnesty memang memiliki banyak dampak positif baik dampak positif bagi negara dan bagi individu yang  terkait. berikut  

5 DAMPAK POSITIF KEBIJAKAN TAX AMNESTY ATAU PENGAMPUNAN PAJAK YANG DITERAPKAN PEMERINTAH

1. PENERIMAAN APBN DARI SEKTOR PERPAJAKAN SEMAKIN MENINGKAT
Salah satu dampak positif dari kebijakan tas amnesty atau pengampunan pajak adalah semakin bertambahnya penerimaan APBN. Nominal dana yang bisa diserap melalui kebijakan tax amnesty ditargetkan mencapai ratusan triliun, dengan angka yang cukup besar tersebut akan berimpiklasi terhadap meningkatnya pembangunan sarana serta infrastruktur yang akan menunjang meningkatnya prekonomian dan kesehjateraan masyarakat.

2. TAX AMNESTY AKAN MEMPERKUAT PREKONOMIAN NASIONAL
Kebijakan tax amnesty berimplikasi terhadap semakin tangguhnya ketahanan ekonomi nasional, aliran dana tax amnesty yang mengalir ke kas negara akan semakin memperkuat prekonomian. Tax amnesty tidak hanya menyasar wajib pajak yang ada di dalam negeri akan tetapi wajib pajak yang ada di luar negeri menjadi salah satu prioritas untuk membayar pajak, aliran dana dari luar negeri yang masuk ke dalam kas negara akan semakin membuat ketahanan ekonomi semakin kuat dan berpotengsi membuat prekonomian dalam negeri semakin meningkat.

3. REVOLUSI MENTAL BAGI WAJIB PAJAK YANG TIDAK TAAT MEBAYAR PAJAK
Tax amnesty atau pengampunan pajak memiliki dampak positif terhadap salah satu program pemerintah yaitu terhadap perbaikan mental warga indonesia yang. Revolusi mental merupakan salah satu program andalang pemerintahan era jokowi, revolusi mental berarti membenahi semua hal yang tidak baik yang ada pada jiwa masyarakat indonesia salah satunya perilaku tidak taat bayar pajak. Melalui kebijakan tax amnesty warga yang enggang bayar pajak mulai menanpakkan diri dan mulai menebus segala kesalahan mereka dengan membayar pajak yang selama ini tidak dibayarkan. Hal ini diharapkan menjadi cikal bakal memberi kesadaran bagi masyarakat untuk taat membayar pajak karena pada subtansi pajak juga untuk memberi kesehjateraan bagi masyrakat.

4. SEMAKIN MENINGKATNYA JUMLAH INVESTOR YANG MENANAMKAN MODAL DI INDONESIA
Penghapusan pembebanan pajak juga akan berdampak positif pada masuknya lebih banyak investor dan perusahaan-perusahaan besar akan mulai berinvestasi ke sektor infrastruktur. Aliran modal pun juga lebih besar dan diprediksi akan berdampak pada sektor keuangan tahun ini. Sektor properti diprediksi baru akan terkena dampaknya pada tahun 2017 mendatang. Ini bisa jadi sinyal positif akan munculnya developer-developer baru di Indonesia.

5. MEMUDAHKAN PENGUSAHA UKM DAN UMKM DALAM MENGEMBANGKAN USAHANYA  
kehadiran UU ini bisa berdampak positif pada semua sektor, tak terkecuali usaha mikro, kecil, dan menengah. Syarat pengajuan Tax Amnesty cukup mudah, sama halnya seperti melaporkan SPT. Pelapor tinggal datang ke KPP, isi formulir, melengkapi persyaratan dokumen seperti NPWP dan SPT PPh tahun pajak terakhir, membayar uang tebusan, dan melunasi seluruh tunggakan. Bahkan pengajuan Tax Amnesty bisa dilakukan secara online, lebih mudah dan praktis.

Demikianlah 5 DAMPAK POSITIF KEBIJAKAN TAX AMNESTY ATAU PENGAMPUNAN PAJAK YANG DITERAPKAN PEMERINTAH, diharapkan kebijakan ini mampu terealisasi dengan baik serta mampu mencapai target yang telah ditetapkan pemerintah.

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248
EmoticonEmoticon