Wednesday, 21 September 2016

Tokoh Penggagas dan Pelopor lahirnya Program Sm3T

Tags
Tokoh Penggagas dan Pelopor lahirnya Program Sm3T
Sm3T adalah suatu program yang lahir dari pemikiran dan hasil perenungan dari tokoh-tokoh bangsa yang peduli dengan kondisi pendidikan di bangsa ini , SM3T tidak lahir dengan serta merta tanpa sebab yang jelas namun Sm3t lahir melalui skenario yang cukup panjang. Program SM3T lahir akibat ide dan gagasan para tokoh yang melihat adanya ketimpangan pendidikan khususnya antara daerah ibukota/ perkotaan dengan daerah yang ada di ujung atau  pelosok negeri.

Jika anak-anak yang ada di perkotaan mendapat prestasi yang membanggakan maka itu adalah hal yang wajar karena sarana dan prasarana pendidikan yang ada di perkotaan sudah cukup memadai, apalagi berbicara mengenai tenaga pendidik. Tenaga pendidik yang ada diperkotaan bisa dibilang cukup bahkan melebihi kuota tenaga pendidik yang dibutuhkan. namun coba bandingkan dengan sarana dan prasarana pendidikan yang ada di ujung atau pelosok negeri yang masih sangat memprihatinkan, mulai dari tenaga pendidik/guru yang sangat tidak memadai ditambah kualitas sebagian guru yang mengajar di daerah pelosok dan ujung negeri yang belum memenuhi kriteria standar sebagai seorang pendidik. belum lagi sarana dan prasarana pendidikan yang sangat tidak layak, bahkan ada sebagian sekolah yang ada di pelosok negeri ini yang sudah tidak layak untuk ditempati belajar namun karena keterbatasan dana, maka mau tak mau itulah jalan satu-satunya agar proses belajar mengajar tetap bisa berjalan.
 Hasil gambar
Adapun Masalah klasik yang dihadapi oleh pemerintah daerah khusunya daerah pelosok adalah sebagian Guru/tenaga pengajar yang ditempatkan untuk mengajar di daerah tersebut tidak memiliki komitmen, mereka tidak mampu untuk konsisten mengajar dilokasi penempatan mereka dengan alasan sarana yang tidak memadai serta akses baik jalan raya ataupun jaringan seluler yang sulit, membuat mereka hanya mampu bertahan beberapa tahun mengajar sampai akhirnya memutuskan untuk kembali ke lokasi asalnya ataupun lebih memilih pindah ke kota. Mengingat fasilitas yang ada di kota jauh lebih lengkap dari pada di daerah pelosok dan akhirnya daerah pelosok kembali mengalami krisis tenaga pengajar/pendidik.
Hal inilah yang mengetuk hati Bapak Agus susilohadi yang menggagas sebuah program, yaitu program yang berusaha agar pendidikan yang layak bisa dinikmati oleh segenap generasi muda bangsa indonesia. Program yang hadir menguji kepekaan hati para sarjana-sarjana muda terbaik bangsa ini untuk merealisasikan idealisme  yang ada dalam hatinya untuk mengabdi di pelosok negeri, demi mewujudkan cita-cita nasional yakni "mencerdasakan kehidupan bangsa"

Menteri pendidikan pada era pemerintahan Bapak susilo bambang yudoyono yakni bapak Mohammad Nuh menganggap gagasan dari Bapak Agus susilohadi sebagai ide brilian, Mohammad Nuh selaku kemendikbud pada era itu akhirnya mempelopori berdirinya sebuah program yang bernama SM3T atau sarjana muda mendidik di daerah terdepan, terluar, tertinggal.

Diharapkan Melalui program SM3T akan lahir tenaga pendidik handal yang memiliki totalitas serta integritas tinggi dalam memajukan pendidikan di indonesia dan melalui program SM3T diharapkan, hak sebagian generasi muda bangsa yang ada di daerah pelosok negeri untuk mengeyam pendidikan dapat terpenuhi.

Akhirnya diadakan perekrutan angkatan pertama pada tahun 2011 tepatnya pada bulan agustus, sebanyak 2400 sarjana terbaik bangsa ini dikirim ke sembilan provinsi yang menjadi lokasi 3T sekaligus menjadi pioner untuk angkatan berikutnya.

Sambutan warga di daerah 3T pun sangat hangat dan bersahabat kepada sarjana muda yang datang untuk mengabdi demi mencerdasakan generasi muda yang ada di daerah tersebut, karena memberi efek sangat positif, akhirnya diadakan perekrutan sarjana-sarjana muda untuk mengajar di daerah 3T secara berkesinambungan. hingga akhirnya telah ada 5 angkatan Sm3T yang telah menyelesaikan pengabdiannya di daerah 3T. 

para alumni SM3T tersebut diharapkan mau kembali mengabdi di daerah 3T untuk meneruskan perjuangan yang telah mereka mulai, serta bisa menjadi teladan bagi segenap bangsa ini, bahwa untuk sampai pada suatu pencapaian besar perlu Totalitas, intergritas dan idealisme, semoga semangat mendidik yang terpatri dalam dada para peserta Sm3T bisa memotivasi pendidik lain untuk melakukan yang terbaik untuk bangsa ini.
salam #MBMI  
Tokoh Penggagas dan Pelopor lahirnya Program Sm3T
#pendiri program sm3t
#pencetus program sm3t

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248
EmoticonEmoticon