Sunday, 11 September 2016

3 Moment Monumental Saat Kuliah

Tags
3 Moment Monumental Saat Kuliah
Bangku kuliah adalah tempat dimana seseorang belajar banyak hal dalam hidupnya. ada begitu banyak moment yang dilalui saat masa-masa kuliah, baik itu kisah suka dan duka, tangis dan tawa semua menjadi warna tersendiri yang menghiasi perjalanan seseorang dibangku kuliah. Bangku kuliah juga menjadi moment bagi seseorang yang dulunya masih bersikap kenak-kanakan berubah menjadi pribadi yang dewasa. ada 3 moment yang pasti akan membekas dalam ingatan setiap orang yang pernah merasakan atmosfer perkuliahan. Berikut 3 moment monumental saat kuliah.

1.Saat Menjadi Mahasiswa Baru 
Salah satu moment yang sangat monumental saat kuliah bagi sebagian besar mahasiswa adalah saat masih berstatus sebagai mahasiswa baru. Pengalaman menjadi mahasiswa baru bisa menjadi moment yang akan sulit untuk dilupakan. Bagaimana tidak, sebagai mahasiswa baru dengan pribadi yang masih penuh kepolosan dan keluguhan, seorang mahasiswa harus dihadapkan dengan senior-senior yang bisa dibilang yang Reseh dan jaim. 

Penerimaan mahasiswa baru (PMB) adalah masa-masa dimana seorang mahasiswa baru di eksploitasi oleh seniornya. karena begitu minimnya pengalaman tentang dunia kampus, Hal-hal yang diperintahkan senior mau tidak mau harus dengan senang hati dilakukan, seperti bernyanyi di depan umum kadang juga diberi hukuman push up dll. 

Untuk menatap lama-lama wajah sang senior pun sebagian mahasiswa baru enggang untuk melakukannya. Menjadi mahasiswa baru adalah moment yang penuh cerita indah, baik itu ketika dipertemukan dengan mahasiswa baru lain yang memiliki beragam karakter. mulai dari karakter pendiam, penyabar dan masih banyak lagi karakter yang lainnya. Namun karakter yang ditunjukan oleh sebagian mahasiswa baru bukanlah karakter meraka yang sesungguhnya, seiring berjalannya waktu karakter sesungguhnya akan ditunjukan misalkan orang yang dulunya pendiam ternyata setelah akrab dengan teman kuliahnya adalah seseorang dengan karakter cerewet, karakter yang dulunya kelihatan cuek ternyata setelah akrab dialah orang yang paling peduli dan masih banyak lagi karakter lainnya. namun semua hal itu menjadi warna tersendiri mengiringi perjalanan seorang mahasiswa di bangku kuliah.

2. Saat Kuliah Kerja Nyata (KKN)
Tidak bisa dipungkiri bahwa KKN termasuk salah satu moment yang sangat berkesan saat menjadi mahasiswa. Dengan pribadi yang sudah cukup berkarakter dan berilmu pastinya. KKN adalah moment dimana seseorang dianggap luar biasa dan dihormati masyarakat di lokasi pengabdian. Dengan jas almamater yang selalu dikenakan seseorang mahasiswa KKN bak anggota DPR yang sedang blusukan di tengah masyarakat.  
Durasi waktu KKN sekitar 2 atau 3 bulan. awalnya memang, waktu begitu seolah begitulambat  berputar bahkan sebagian merasa jenuh berada dilokasi KKN karena biasanya teman yang ditemani berada dalam satu posko dilokasi KKN adalah teman dari jurusan atau fakultas lain jadi masih ada perasaan canggung akan tetapi seiring berjalannya waktu semuanya akan saling akrab bahkan seolah-olah teman satu posko dilokasi KKN sudah seperti saudara. 
Karena begitu menyenangkannya kegiatan KKN, membuat waktu terasa begitu cepat berputar dan tibalah moment yang sangat menyedihkan saat KKN yaitu saat seseorang harus berpisah dengan teman poskonya yang telah ditemani berjuang selama beberapa bulan. Saat malam terakhir semuanya begitu sedih dan haru karena harus berpisah dengan teman posko. Bahkan air mata jatuh tidak tertahankan karena begitu mengesankan dan menyenangkannya kegiatan KKN.
3. Saat Wisuda
Wisuda adalah moment yang sangat ditunggu-tunggu oleh seorang mahasiswa selama 4 tahun. Wisuda adalah moment yang punya dua sisi berbeda, yakni disatu sisi seseorang akan  sangat bahagia karena perjuangan menempuh perkuliahan selama 4 tahun tidak sia-sia dan akhirnya bisa mewujudkan harapannya yang begitu besar yaitu meraih gelar sarjana. 
Berfoto-foto dengan teman-teman adalah suatu hal yang wajib dan yang paling membanggakan adalah ketika telah memakai baju wisuda dan mengenakkan toga di hadapan ribuan orang. Itulah moment yang sangat historis untuk kedua orang tua dimana anak yang selama ini meraka didik dan rawat sekarang berdiri dihadapan mereka dengan segala pencapaiannya.  
Namun disi sisi lain seseorang akan merasa sedih. Bagaimana tidak sedih setelah berjuang selama 4 tahun dengan teman kuliah tibalah saatnya untuk mencari jalan hidup masing-masing moment moment kebersamaan saat kuliah seolah menjadi nostalgia yang membekas direlung hati. Hanya bisa membuka foto-foto kenangan dan tertawa, lantas tersadar bahwa itulah kebahagian yang sejati.  Moment yang sangat menyedihkan adalah ketika dimana ketika orang dulu bertanya "apa pekerjaanmu"? Dengan bangganya menjawab saya Mahasiswa, Namun setelah wisuda dan orang bertanya "apa pekerjaanmu"? lantas menjadi bingung mau jawab apa! Masa harus menjawab "pekerjaan saya adalah sarjana".
Demikianlah 3 moment monumental saat kuliah, moment yang begitu indah dan sulit untuk ditemukan pada kisah-kisah yang lain.
 3 moment monumental saat kuliah

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248
EmoticonEmoticon