Saturday, 13 August 2016

10 Tips Dahsyat Cara Belajar yang Baik

Tags
Tipa Dahsyat Cara Belajar yang Baik_ Belajar adalah suatu cara untuk menjadi lebih cerdas, dengan rajin belajar potensi unutk menjadi orang yang sukses dan berprestasi terbuka lebar namun terkadang perasaan malas belajar muncul atau terkadang kita telah belajar dengan serius namun kurang mampu mencerna konsep suatu materi yang dipelajari, alhasil hanya beberapa saat apa yang dipelajari kembali terlupakan. Maka dari itu saya menyajikan artikel yang semoga bisa menginspirasi dan meningkatkan motivasi belajar sahabat pembaca. apa saja tips agar kita bisa rajin belajar dan menjadi suatu pembelajaran yang bermakna, berikuti ulasannya.

10 Tips Dahsyat Cara Belajar yang Baik


1.Niat
Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah niatkan dari hati kamu kalau kamu  ingin rajin belajar. Memang segala sesuatu itu perlu diawali dengan niat yang kuat pren.

2.Pastikan kamu siap untuk belajar
Pastikan kalau badan kamu sudah siap untuk belajar. Cobalah mencuci tangan, kaki, atau membasuh muka kamu pren. Jadikan tubuh kamu sesegar mungkin dan siap untuk mempelajari materi yang harus kamu kuasai.

3.Ciptakan suasana nyaman
Poin ini sangat penting pren. Kamu perlu menciptakan suasana belajar yang nyaman dan menyenangkan agar kamu bisa belajar. Upayakan sebisa mungkin untuk menaikan mood kamu agar kamu bisa belajar dengan baik. Misalnya mendengar musik, menonton film, atau chatting bareng temen kamu.

4.Siapkan peralatan tempur kamu

Siapkanlah peralatan yang bisa menunjang kegiatan belajar kamu. Seperti buku materi, alat tulis, bahkan minuman dingin sekalipun. Kalau peralatan yang kamu punya terbatas, manfaatkanlah apa yang sudah kamu miliki. Misalnya kamu enggak punya buku materi, tapi kamu punya laptop. Cobalah memanfaatkan laptop tersebut untuk browsing di mbah google. Kalau kamu enggak punya modem atau pulsa modem kamu abis, itu sih udah derita loe pren. Hehehe

5.Mulai dari hal yang paling mudah

Lanjut ke tips yang terakhir, kalau kamu sudah mempersiapkan segala sesuatunya, mulailah belajar dari hal yang paling mudah. Misalnya kamu sedang belajar sejarah, mulailah membaca dari halaman awal bab, kemudian berlanjut ke halaman-halaman berikutnya.
 

6. Belajar Kelompok 
Bosan belajar sendirian? Coba saja belajar secara kelompok bareng teman. Belajar kelompok merupakan salah satu belajar yang baik dan efektif. Dengan belajar kelompok kegiatan belajar akan menjadi sangat menyenangkan karena ada temannya. Belajar secara kelompok sebaiknya mengajak teman yang pandai dan rajin belajar agar bisa termotivasi dan ketularan pintar.

7. Coba Rajin Membuat Catatan Atau Intisari Dari Pelajaran
Setiap bab pelajaran selalu ada bagian-bagian yang penting. Nah bagian yang penting ini sebaiknya dibuat catatan di buku tersendiri. Cara belajar yang baik dengan merangkum bahan atau materi pelajaran juga sangat berguna saat menghadapi ujian.
 

8. Selalau Disiplin Dan Tekun Dalam Belajar 
Yang penting di sini adalah kualitas belajarnya. Walaupun hanya 1-2 jam sehari tapi kalau di lakukan setiap hari pasti akan lebih baik dari pada belajar dalam waktu yang sangat lama pada waktu tertentu saja. Misalnya hanya belajar kalau ada ulangan atau ujian saja.

9. Bertanya Kalau Belum Paham 

Biasanya saat guru selesai membahas satu mata pelajaran akan bertanya pada murid muridnya. Apakah sudah jelas? Jangan ragu dan takut untuk bertanya kalau memang kurang paham atau kurang mengerti.
 

10. Hindari Sukap Tidak Jujur 
Sekarang ini banyak siswa membuat catatan untuk mencontek saat ada ulangan atau ujian. Dengan belajar dengan jadwal yang teratur seorang murid akan selalu siap jika ada ulangan dadakan dan tidak perlu mencontek. Bagaimana dengan tips cara belajar yang baik diatas mungkin masih belum bisa meningkatkan hasil belajar anda?

Demikianlah sedikit 10 Tips Cara Belajar yang Baik. semoga setelah anda membaca tulisan ini menjadikan anda terinspirasi untuk belajar lebih keras dengan metode yang jitu.

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248
EmoticonEmoticon