Saturday, 20 August 2016

PNS (PEGAWAI NEGERI SIPIL) atau PENGUSAHA ? Ini masing-masing kelebihannya

  • Ada rasa aman karena mendapat gaji tetap bulanan sehingga tidak takut hidup tanpa penghasilan, hal ini berbeda dengan pengusaha yang berada dalam situasi ketidakpastian akan jumlah penghasilan dalam jangka waktu tertentu.
  • Surat keterangan pengangkatan atau biasa disebut sebagai SK PNS (PEGAWAI NEGERI SIPIL) dapat dijadikan jaminan meminjam uang di bank sehingga banyak ditemui pegawai PNS (PEGAWAI NEGERI SIPIL) baru sudah bisa membangun rumah dan membeli mobil baru dengan cara mengorbankan sebagaian gaji bulanan selama sekian tahun untuk membayar cicilan hutang di bank.
  • Menjadi PNS (PEGAWAI NEGERI SIPIL) bisa menjadi wahana untuk berkarya dan mengeluarkan potensi yang ada pada diri, sehingga dapat menjadi manusia yang berguna untuk diri sendiri, keluarga, masyarakat, bangsa dan negara Indonesia.
  • Gaji PNS (PEGAWAI NEGERI SIPIL)rata-rata lebih besar jika dibanding dengan pekerjaan sejenis pada instansi swasta.
  • Bagi yang kurang memiliki jiwa pengusaha maka menjadi pegawai negeri sipil bisa menjadi solusi untuk meraih penghasilan bulanan.
  • Kemudahan melanjutkan sekolah. Setelah resmi menjadi PNS (PEGAWAI NEGERI SIPIL)(setelah lulus prajab dan biasanya disyaratkan minimal 2 tahun bekerja sejak CPNS), peluang untuk sekolah terbuka lebar melalui berbagai program, baik yang ditawarkan oleh Pemerintah (biasanya Bappenas rutin tiap tahun melalui Badan Diklatnya, Departemen PU, Departemen Keuangan, dan Iain-lain) maupun pihak swasta dan lembaga donor luar negeri. Syaratnya Anda harus memperoleh izin dari atasan (minimal setingkat eselon 2)
  • Waktu luang setelah bekerja. Jam kerja PNS (PEGAWAI NEGERI SIPIL)untuk lima hari kerja (di Pusat dan beberapa Pemda) adalah jam 08.00-16.00, untuk Pemda dan Depdagri biasanya ada apel pagi jam 07.30 dan apel sore (tentatif) jam 16.00. Sementara untuk enam hari kerja (di sebagian besar Pemda) adalah jam 08.00-14.00. Di luar waktu tersebut bisa digunakan untuk melakukan aktivitas lain yang bermanfaat atau membuat usaha sampingan dan rumahan.
  • Adanya dana pensiun. Dengan menjadi PNS (PEGAWAI NEGERI SIPIL), hari tua akan menjadi sangat aman karena sudah ter jamin dengan adanya tunjangan hari tua atau dana pensiun. Hal ini tentu menjadi pemasukan tersendiri bagi para pensiunan PNS (PEGAWAI NEGERI SIPIL).
  • Membina relasi. Jadi PNS (PEGAWAI NEGERI SIPIL) saat ini memudahkan kita membina relasi dengan siapa pun, karena kita tetap dibutuhkan, walaupun terkadang dibenci masyarakat, terutama di bidang pelayanan publik dan administrasi. Manfaatkan relasi untuk menambah penghasilan dan meningkatkan karir Anda.
  • Mudah berpindah instansi. Tidak seperti di swasta yang harus melalui tes lagi untuk dapat pindah kerja, di PNS (PEGAWAI NEGERI SIPIL) selama sudah mengantongi NIP, Anda bisa pindah ke instansi mana pun dengan tetap membawa NIP asal Anda, asalkan ada yang mempromosikan Anda di tempat yang dituju dan dibutuhkan di tempat tersebut. Syaratnya hanya dengan mengajukan surat permohonan pindah dari instansi asal ke BKN dan instansi tujuan.
Dari beberapa keuntungan menjadi PNS (PEGAWAI NEGERI SIPIL), tidak mustahil PNS (PEGAWAI NEGERI SIPIL)adalah pekerjaan yang sangat diidam-idamkan setiap orang. Silakan mendaftar jadi CPNS, sebelum terlambat. Bagi yang masih honorer, Anda juga dapat mendapatkan kesempatan besar menjadi PNS (PEGAWAI NEGERI SIPIL). Karena tidak semua orang mendapatkan keberuntungan untuk jadi PNS(PEGAWAI NEGERI SIPIL). Jangan lupa, segera lengkapi Persyaratannya sebelum lowongan CPNS tahun ini dibuka.

Kekurangan Menjadi Seorang PNS (Pegawai Negeri Sipil) :


  1. Meskipun banyak sekali kelebihan menjadi seorang PNS (PEGAWAI NEGERI SIPIL), ternyata PNS (PEGAWAI NEGERI SIPIL) juga mempunyai kekurangan yaitu diantaranya PNS (PEGAWAI NEGERI SIPIL)selalu disibukkan dengan berbagai macam jenis pemberkasan. Artinya ketika anda sudah memutuskan untuk menjadi seorang PNS maka anda harus bersiap dengan segala macam pemberkasanannya. 
  2. Selain itu jika anda ingin menjadi seorang PNS (PEGAWAI NEGERI SIPIL) maka anda harus siap untuk mematuhi segala peraturan dan kebijakan - kebijakannya. Artinya PNS (PEGAWAI NEGERI SIPIL) itu selalu dikaitkan dengan berbagai aturan yang melekat. Mulai dari jam kerja, hari kerja, hari libur, gaji, tugas - tugas, absensi dan segala peraturan yang lainnya.
  3. Untuk masalah gaji, PNS (PEGAWAI NEGERI SIPIL) bukan salah satu pilihan jika anda ingin cepat kaya. Soalnya gaji seorang Pegawai Negeri Sipil di Indonesia seluruhnya sama, yang membedakan hanyalah intensif dan tunjangannya. Intinya jika anda ingin cepat kaya dan tidak terbiasa dengan hidup sederhana, dan selalu dengan hidup mewah makan PNS (PEGAWAI NEGERI SIPIL) bukan pilihan yang tepat bagi anda.
  4. Menjadi seorang PNS (PEGAWAI NEGERI SIPIL)itu dituntut untuk selalu bekerja keras dan berorientasi kepada aturan pemerintah. Artinya harus selalu mendukung segala jenis peraturan yang dikeluarkan oleh pemerintah.
Demikian sedikit tentang Keleihan dan Kekurangan dari profesi PNS (PEGAWAI NEGERI SIPIL). Meskipun banyak sekali keuntungannya namun PNS (PEGAWAI NEGERI SIPIL)juga mempunyai kekurangan, diantaranya yang disebutkan diatas tadi. Namun demikian PNS (PEGAWAI NEGERI SIPIL) masih menjadi profesi yang diburu oleh semua kalangan masyarakat Indonesia.

Kelebihan dan Kekurangan Menjadi PENGUSAHA


Kelebihan dan Kekurangan Menjadi PENGUSAHA
Banyak orang masih mempertanyakan apa sih keuntungan jadi seorang PENGUSAHA di banding dengan pegawai yang bekerja di kantoran. mungkin pertanyaan itu muncul dalam benak anda saat ingin memulai suatu usaha.
Bagi pria maupun wanita hal tersebut bisa jadi sama saja, sama-sama bisa melakukan bekerja di kantor jadi karyawan maupun bekerja mandiri (bisnis).
Berikut review, beberapa kelebihan menjadi PENGUSAHA maupun kekurangan nya.

1. Waktu Menjadi Lebih Banyak
Maksudnya adalah dengan Menjadi
PENGUSAHA, Anda akan memiliki waktu yang fleksibel, tidak terikat. Berbeda dengan jam kantor yang sudah menetapkan standar jam kerja setiap harinya. Anda juga tak perlu repot-repot lembur di kantor. Tentu saja ini akan menguntungkan Anda dan keluarga. Waktu untuk berkumpul bersama menjadi lebih banyak, dan lebih mudah mengawasi anggota keluarga setiap hari.

2. Menghasilkan Pendapatan Pribadi
Memiliki usaha sendiri tentu juga akan menghasilkan pendapatan sendiri (Tidak di Gaji Bos). Besar kecilnya penghasilan yang diperoleh adalah cerminan dari suatu proses kerja keras untuk memajukan bisnis yang telah di lakukan pemilik usaha beserta para karyawan. Dengan memilikin penghasilan yang tak terbatas menjadikan suatu peluang yaitu kebebasan financial. Laba yang didapat justru bisa lebih besar dari gaji karyawan kantoran yang sudah ditentukan oleh perusahaan / pemerintah.


3. Membuka Kesempatan Lapangan Kerja Baru
Anda bisa membuka kesempatan kerja bagi siapa saja. Ketika bisnis mulai bertumbuh pesat, maka semakin banyak lapangan kerja yang dapat anda ciptakan(
PENGUSAHA=jobs maker) BUKAN (Pegawai=jobs seeker) Selain dapat menjadi bagian dari  usaha yang digeluti, hal ini juga dapat menciptakan peluang kerja untuk orang lain (Baca=Bermanfaat).

4. Ilmu dan Wawasan Menjadi Bertambah
Tak hanya rekanan saja yang bertambah, ilmu pengetahuan dan wawasan akan terus berkembang. Misalnya ilmu dan wawasan seputar perkembangan bisnis,ekeonomi dan sosial. Hal ini  juga bisa didapatkan dari  rekanan/client yang sering kita temui.


5. Memperluas Rekanan (Networking)
Menjadi
PENGUSAHA akan berpeluang untuk bertemu dengan orang banyak. Hal Ini juga bisa membantu untuk menambah rekanan. Semakin banyak rekanan yang akan sangat bermanfaat dalam kemajuan kelangsungan bisnis yang di jalani. Selain itu dari rekanan tersebut akan semakin bertambah apabila service / product yang kita berikan kepada mereka sangat memuaskan.

6. Pekerjaan sesuai minat (Hobby)
Hal inilah yang menjadi nilai tambah apabila memilih menjadi wirausaha.Pekerjaan yang sesuai minta dan kesenangan kita bisa di lakukan. Misal memiliki hobi mendesain baju, dari hobi tersebut apabila di arahkan ke sektor bisnis maka akan kita dapat pekerjaan yang kita lakukan sesuai dengan hobi, Berawal dari hobi kemudian menghasilkan pendapatan yang tak terbatas.


Sedangkan kekurangan menjadi PENGUSAHA antara lain:

1. Memperoleh pendapatan yang tidak pasti, dan memikul berbagai resiko. Jika resiko ini telah  diantisipasi dengan baik, maka berarti wirausaha telah menggeser resiko tersebut.

Memang pada awal mula memulai/merintis bisnis akan di rasakan suatu ketidakpastian hasil yang di peroleh. Namun semua nya bisa di atasi, anda harus bisa menganalisa usaha anda sudah berjalan seperti apa,kemudian akan di dapat factor-faktor yang perlu di perbaiaki, Maka perbaikilah sistem tersebut seiring dengan berjalanya waktu ikutilah proses nya,dari situ banyak hal yang dapat dipelajari sehingga bisa di gunakan untuk meminimalisir resiko usaha yang di jalani kemudian mengubahnya menjadi keuntungan yang harus bisa di capai.

2. Bekerja keras dan waktu/jam kerjanya panjang.
Kembali lagi, saat awal mula merintis bisnis, sudah pasti orang memulai usaha butuh mendedikasikan penuh waktunya di usahanya agar usahanya segera ke tahap tumbuh kemudian ingin segera normal. Pada saat itu orang di tuntut untuk membangun sebuah sistem, bangunlah sistem usaha yang sesuai dengan bisnis  yang anda jalankan  dan biarkan sistem  bekerja untuk anda. Di saat sistem telah bekerja dengan baik di situlah anda bisa menikmati waktu bebas yang lebih banyak .

3. Pada saat awal memulai bisnis harus berhemat.
Hal ini sangat penting karena mengingat bisnisnya baru start-up, sehingga diperlukan sikap hemat untuk menjaga kelangsungan bisnisnya. Anda harus cermat mengatur keuangan bisnis anda, jangan terlalu banyak menambah asset konsumtif, akan semakin baik apabila asset produktif yang di perbanyak, sehingga hal tersebut membantu sumber penghasilan bagi usaha anda.

4. Tanggung jawab dan resiko yang di hadapi sangatlah besar.
Sangat lumrah apabila dikatakan demikian, bagaimana tidak seorangPENGUSAHA  di tuntut untuk bisa mengatur semua yang berkaitan dengan bisnis nya, sukses / jatuh nya sangat bergantung pada pemilik usaha. Kepiawaian business owner menjadikan kunci utama suksesnya usaha yang di jalani.Jangan takut dengan resiko ini, karena hal tersebuat bisa dipelajari sembari proses bisnis berjalan. Hadapi tantangan bisnis yang ada di depan, taklukanlah maka kesuksesan besar akan menunggu anda di depan mata.

5.Beban pikiran yang berat
Wajar apabila resiko dan permasalan yang muncul dalam bisnis yang di jalani menjadikan timbulnya beban pikiran yang sangat berat, karena awalnya permasalahan harus di selesaikan sendiri menurut pemikirannya. Dalam hal ini apabila seorang pengusaha merasa tidak mampu menyelesaikan masalahnya maka yang di lakukan adalah harus bisa mengkonsultasikan masalah bisnisnya pada rekan bisnis yang lebih senior atau jasa konsultan bisnis. Agar problem yang di hadapi segera teratasi .

Nah nikmat bukan menjadi PENGUSAHA???

demikialah sekilar review tentang Profesi PNS (PEGAWAI NEGERI SIPIL) dan PENGUSAHA tinggal anda menentukan profesi mana yang sesuai dengan jati diri anda apakah menjadi seorang PNS (PEGAWAI NEGERI SIPIL) atau PENGUSAHA semoga bermanfaat.

PNS (PEGAWAI NEGERI SIPIL) atau PENGUSAHA ? Ini masing-masing kelebihannya

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248
EmoticonEmoticon