Monday, 22 August 2016

7 Dampak Positif Jika Harga Rokok Rp. 50.000/Bungkus

7 Dampak Positif Jika Harga Rokok Rp. 50.000/Bungkus_ Kabar tentang rencana kenaikan harga rokok yang diwacanakn pemerintah semakin hangat saja dan telah menjadi bahan perbincangan. tak telat wacana tentang kenaikan harga rokok yang diisukan sekitar Rp. 50.000/bungkus menjadi polemik dimasyarakat. bagi perokok kabar tersebut sudah pasti sangat mengejutkan karena biasanya pemerintah hanya menaikkan harga rokok secara bertahap dikisaran Rp. 1.000-2.000 namun kali ini pemerintah mengambil langkah tegas dengan mewacanakan untuk menaikan harga rokok dengan harga fantastis yakni minimal Rp. 50.000/bungkus.

kenaikan harga rokok sudah pasti akan memberikan efek-efek yang berbeda terhadap pihak tertentu dan ada dampak positif dan negatifnya. berikut 7 dampak positif jika pemerintah menaikan harga rokok menjadi Rp. 50.000/bungkus.
7 Dampak Positif Jika Harga Rokok Rp. 50.000/Bungkus

7 Dampak Positif Jika Harga Rokok Naik

1. Jumlah perokok akan berkurang
Harga rokok yang fantatis akan membuat para pecandu rokok mulai berpikir untuk meninggalkan kebiasaan terebut. jika dibandingkan dengan negara lain harga rokok di indonesia memang tergolong sangat murah, misalkan di amerika harga rokok di atas Rp 100.000/bungkus atau di australia yang mencapai Rp. 200.000/bungkus. bahkan menurut penelitian indonesia masuk dalam urutan ke-2 dengan jumlah perokok terbanyak di dunia. maka dengan kebijakan ini diharapkan jumlah angka perokok di indonesia akan semakin berkurang.

2. frekuensi Komsumsi rokok semakin menurun
Dengan naiknya harga rokok menjadi Rp. 50.000/bungkus maka sudah dipastikan frekuensi komsumsi rokok akan menurun drastis, mungkin perokok tidak langsung memutuskan untuk berhenti merokok namun mulai mengurangi frekuensi jumlah rokok yang di habiskan dalam sehari.  

3. Penerimaan kas negara semakin meningkat
Dengan menerapkan biaya pajak yang sangat tinggi terhadap produsen rokok sehingga membuat  penerimaan APBN semakin meningkat.
walaupun diperkirakan jumlah perokok akan berkurang dan dikhawatirkan penerimaan pemerintah dari sektor ini berkurang namun itu bisa ditanggulangi dengan Pajak yang tinggi bahkan menurut ahli pendatan negara bahkan akan semakin meningkat jika harga rokok betul dinaikan menjadi Rp. 50.000/bungkus.

4. Biaya Subsidi kesehatan masyarakat akan berkurang 
Sama halnya dengan BBM (bahan bakar minyak) yang disubsidi, biaya kesehatan juga ditanggung pemerintah terhadap pihak-pihak tertentu, apalagi pemilik kartu JKN. harga rokok yang tinggi akan membuat sebagian perokok berhenti merokok dengan tidak merokok maka kesehatan masyarakat akan menjadi lebih baik. seperti fakta yang beredar ada begitu banyak warga menjalani perawatan dirumah sakit hanya karena kecanduan rokok dan hal tersebut menguras kas negara untuk biaya perawatannya

5. Generasi muda penerus Bangsa akan terselamatkan
Menurut penelitian 60-80% anak sekolah menengah sudah merokok, hal menjadi sangat memprihatinkan karena merekalah generasi yang diharapkan menjadi pemegang estapet untuk memajukan bangsa ini kedepannya namun jika kenaikan harga rokok benar-benar terealisasi berarti kita telah menyelamatkan generasi muda bangsa ini. pasalnya harga rokok saat ini bisa dikatakan masih sangat murah dan anak sekolahanpun sanggup membeli jika rokok telah menjadi Rp. 50.000/bungkus maka kantong anak sekolahan akan sulit untuk membeli rokok kalaupun mereka tak lantas berhenti merokok paling tidak kuantitas rokok yang mereka hisap bisa berkurang.

6. Lingkungan lebih sehat
Salah satu dampak positif ketika harga rokok naik adalah semakin berkurangnya jumlah orang yang merokok hal ini berdampak langsung terhadap lingkungan, karena menurut penelitian asap rokok lebih banyak mengandung polusi dan zat berbahaya dibanding polusi yang dikeluarkan oleh kendaraan. jadi dengan berkurangnya perokok kondisi lingkungan semakin sehat dan udara semakin bersih dari polusi asap rokok. 

7. Masyarakat lebih produktif
dengan berkurangnya perokok maka jumlah orang yang sakit akibat merokok otomatis juga akan ikut berkurang hal ini akan membuat masyarakat lebih produktif dalam berbagai aspek 

demikianlah 7 Dampak Positif Jika Harga naik, semoga artikelnya memberi manfaat untuk anda

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248
EmoticonEmoticon