Wednesday, 31 August 2016

5 Manfaat Jika FULL DAY SCHOOL diterapkan Pemerintah

5 Manfaat jika FULL DAY SCHOOL  diterapkan Pemerintah_ Isu full day school sempat mengemukan akhir-akhir ini, bahkan menjadi bahan perbincangan diantara para pengamat pendidikan. Pasalnya Muhajir Efendy selaku menteri pendidikan yang mengantikan posisi anies baswedan dalam kementrian, mewacanakan untuk menerapkan full day school pada jenjang pendidikan sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP). adapun pengertian full day school secara umum adalah program sekolah yang menyelenggarakan proses belajar mengajar di sekolah selama sehari penuh. Umumnya sekolah yang menyelenggarakan pendidikan full day school dimulai 07.00 sampai 16.00. hal ini berarti siswa akan tinggal di sekolah selama 8 jam.

 5 Manfaat Jika FULL DAY SCHOOL diterapkan Pemerintah

Tak telak hal ini mengundang reaksi dari beberapa pihak baik dari praktisi pendidikan, KOMNAS perlindungan anak dan masyarakat. berbagai pendapat tentang full day school disuarakan baik yang bernada mendukung program tersebut maupun yang tidak mendukung hal tersebut

full day school memang memunculkan Pro dan kontra karena kondisi pendidikan di indonesia atau sarana dan prasarana pendidikan yang belum merata, membuat kebijakan full day school hanya bisa diterapkan disekolah tertentu. 
Namun setiap kebijakan pasti memiliki dampak konsekuensi, sama halnya dengan kebijakan full day school yang sudah pasti memiliki dampak positif dan dampak negatif. akan tetapi wacana full day school bukan tanpa alasan, jika kita menilik dari segi manfaatnya bagi peserta didik. full day school memiliki banyak manfaat, apa saja manfaat dari full day school? berikut ulasan  

5 Manfaat full day school bagi peserta didik;

1. FULL DAY SCHOOL adalah cara efektif dalam membentuk karakter peserta didik.
Dengan diterapkannya full day school maka otomatis peserta didik akan menghabiskan lebih banyak waktunya di sekolah hal ini akan memudahkan guru dalam mengontrol dan mengawasi perilaku siswanya dan akan meminimalisir pengaruh yang tidak baik dari lingkungan sekitar. mengingat usia-usia peserta didik dalam jenjang pendidikan di SD dan SMP merupakan moment yang tepat dalam membentuk kepribadiannya, dengan diberlakukannya full day school maka guru memiliki lebih banyak waktu mendidik siswa untuk menjadi pribadi yang berkarakter.

2. FULL DAY SCHOOL membuat siswa memiliki waktu lebih banyak untuk belajar
Full day school adalah solusi dalam memaksimalkan potensi peserta didik baik dalam ranah kognitif , afektif dan psikomotor karena siswa akan punya lebih banyak waktu untuk belajar. namun kata belajar tidak hanya diidentikkan dengan interaksi antara pendidik dan peserta didik dalam ruangan kelas namun mencakup segala aktifitas siswa selama berada di sekolah

3. Kegiatan ekstrakurikuler bisa lebih dimaksimalkan dengan penerapan FULL DAY SCHOLL
Dengan diberlakukannya full day school peserta didik akan bisa menyalurkan bakat dan minatnya melalui kegiatan ekstarkurikuler yang dipilihnya dengan waktu yang lebih banyak, hal ini akan membuat siswa bisa lebih memaksimalkan bakat yang ada dalam dirinya serta kegiatan ekstrakurikuler juga bisa menjadi penunjang dalam pembentukan karakter peserta didik.

4. FULL DAY SCHOOL akan membuat waktu peserta didik bersama keluarga lebih efisien
Salah satu yang menjadi kabar gembira full day school bagi siswa adalah siswa tak akan dibebani dengan tugas rumah atau PR. oleh karena itu waktu bersama keluarga jauh lebih banyak dan bisa membuat siswa menikmati kebersamaanya dengan keluarga.

5.Hari libur menjadi lebih banyak
Manfaat lain dari penerapan full day school adalah waktu libur siswa yang biasanya 1 hari menjadi 2 hari, hal disebakan oleh kegiatan pembelajaran hanya akan aktif pada hari senin sampai hari jumat. hal ini membuat siswa lebih menikmati lebih banyak waktu untuk bermain dan mengespresikan dirinya serta akan mengurangi kejenuhan siswa dalam proses menimba ilmu di sekolah.

Demikianlah  5 Manfaat Jika full day school diterapkan Pemerintah. Sebagai kesimpulan, full day school memberi sangat banyak manfaat jika diterapkan, oleh karena itu segala kekurangan yang bisa berpotensi menimbulkan kerugian bagi guru, siswa dan orang tua mengenai kebijakan full day school harus segera dibenahi agar program full day school bisa memberi sumbangsi yang nyata bagi kemajuan pendidikan dalam mencerdasakan generasi penerus bangsa.  
#Artikel full day school

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248
EmoticonEmoticon