Wednesday, 13 July 2016

Tips dan trik menempuh Tes Kompetensi Dasar (TKD) dengan sistem CAT

Tags
Tips dan trik menempuh Tes Kompetensi Dasar (TKD) dengan sistem CAT_ ini sedikit tips dan trik menempuh Tes Kompetensi Dasar (TKD) dengan system CAT yang mungkin bisa temen-temen terapkan dalam menghadapi Tes CPNS 2014. Tips ini saya dapatkan dari buku yang saya beli karangan dari Bimbel AKSES, Bintaro, Tangerang Selatan
 

Trik  menempuh Tes Kompetensi Dasar (TKD) dengan sistem CAT
1.Cari tahu mengenai penerimaan tes CPNS dengan sistem CAT sebelumnya dari kolega-kolega dan teman kerja yang tahun lalu  mencoba tes tersebut. 

2. Setelah mengumpulkan semua informasi paling tidak kamu sudah mengetahui gambaran besar tentang tes yang akan kamu hadapi nanti.

3. Cari, kumpulkan dan beli buku yang mempunyai soal-soal yang berkaitan dengan penerimaan tes CPNS. Di internet juga banyak, googling aja dah. Kalau beli buku, usahakan cari yang ada pembahasan soalnya + materi nya. Hal ini bisa dijadikan sarana belajar yang gurih, karena kalo kita sudah paham konsep (materinya), mau dibikin soal yang bagaimana pun, Insya Allah tetep bisa.  

4. Nih tips dari saya : Cari kenalan mahasiswa semester akhir dari Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK) di Indonesia seperti Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN), Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS), Intitiut Perguruan Dalam Negeri (IPDN), AMG, dll. Karena setelah lulus (bahkan belum lulus pun) mereka akan menempuh Tes Kompetensi Dasar juga. Namanya juga mahasiswa, yang notabenne masih tergolong rajin, mereka pasti punya koleksi soal-soal Tes Kompetensi Dasar dan tips dari kakak kelas mereka (yang udah TKD duluan)  sebagai persiapan mereka menghadapi TKD. Nah, silakan dirampok hehehe

5. Perbanyak latihan dengan kumpulan soal yang benar-benar sesuai dan sudah dilakuan revisi sesuai dengan peraturan yang berlaku.

6. Latih otak kamu berpikir lebih cepat dengan menjawab soal TKD, caranya dengan berlatih mengerjakan soal dengan diberikan waktu pada simulasi. Ingat waktu yang diberikan buat ngerjain TKD nanti hanya 90 menit.

7. Berlatih agar bisa lolos passing grade. TWK minimal benar 40%, TIU 50%, TKP 60%. Nilai akumulasi minimal 275.

8. Buat rangkuman catatan dan materi terutama dalam Tes Wawasan Kebangsaan seperti:
- Sejarah Pancasila mulai dari BPUPKI sampai sekarang
- Pancasila sebagai ideologi, dasar negara, dan pandangan hidup bangsa
- UUD 1945
- Masa Kerajaan
- Masa Penjajahan Belanda, Inggris, Jepang, Orde Lama, Orde Baru- sekarang ( di wikipedia lengkap banget)

9. Latihan mengerjakan TKD dengan urutan mengerjakan dan Waktu Pengerjaan
- TKP (15-20 menit)
- TWK (20-30 menit)
- TIU (40-45 menit)
 (kerjakan soal yang dirasa paling mudah dan jangan terpaku pada satu soal)

Tips  menempuh Tes Kompetensi Dasar (TKD) dengan sistem CAT


Cari kolega dan teman seperjuangan dalam menempuh ujian, karena itu sangan membantu dalam memperoleh informasi baru, bertukar pikiran dalam memecahkan soal-soal yang dianggap sulit dalam TKD. Tanamkan pada diri Anda bahwa "Tes CPNS itu mudah, Be Possitive". Renungkan bahwa pendaftar Tes CPNS itu jutaan. " Aku dan mereka punya tekad yang sama, keinginan yang sama. Namun yang membedakan aku dan mereka adalah USAHAKU". Sebelum tes jangan lupa sarapan dan hindari makanan pedas yang menyebabkan gangguan pada saat tes. Sebelum masuk ruangan segera selesaikan urusan "Toilet" ya ^^ . Banyak belajar, dan Jangan lupa Berdoa, Last, jangan lupa minta restu kedua orang tua.

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248
EmoticonEmoticon