PERGANTIAN KURIKULUM KTSP MENJADI KURIKULUM 2013

PERGANTIAN KURIKULUM KTSP MENJADI KURIKULUM 2013    
Perubahan-perubahan atau penyempurnaan kurikulum yang terjadi di Indonesia sejak bernama Rentjana Pembelajaran 1947 hingga Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) tahun 2006 selalu dibarengi dengan argumen-argumen ilmiah, pendekatan-pendekatan mutakhir, lengkap dan tidak terbantahkan. Tiga aspek yang menjadi  landasan pengembangan kurikulum secara jelas terangkum dalam isi materi uji kurikulum adalah :
1. Landasan 2013 Filosofis Kurikulum 2013: UU No. 20/2003 tentang system Pendidikan Nasional pada pasal 1 butir menyatakan bahwa “Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki spiritual keagamaan, Pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, dan keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara”. 

2. Landasan yuridis dan Empiris Kurikulum 2013: Permendikbud Nomor 65 Tahun 2013 menetapkan bahwa perencanaan pembelajaran dirancang dalam bentuk silabus dan penilaiannya menggunakan pendekatan penilaian otentik. 

3. Aspek Konseptual: Pada kurikulum tahun 2013 untuk tingkat SD pembelajaran seluruhnya menggunakan pendekatan pembelajaran dengan tema tematik, dengan dasar pertimbangan bahwa perkembanagan pada anak khususnya usia SD masih bersifat holistic.
#PERGANTIAN KURIKULUM KTSP MENJADI KURIKULUM 2013   

0 Response to "PERGANTIAN KURIKULUM KTSP MENJADI KURIKULUM 2013 "

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close