Friday, 20 May 2016

Emas Putih Yang Terpendam di Kabupaten Soppeng

Emas Putih Yang Terpendam di Kabupaten Soppeng
 
Kabupaten soppeng adalah salah satu kabupaten yang ada di sulawesi selatan yang tak memiliki daratan yang berbatasan langsung dengan laut, oleh karena itu roda prekonomian masyarakat di kabupaten soppeng sangat bergantung dari hasil pertanian dan perdangangan. ditambah lagi kekayaan alam yang tak semelimpah di kabupaten lain membuat roda perekonomian di kabupaten soppeng cenderung berjalan statis. perusahaan besar juga enggang untuk melakukan investasi di kabupaten soppeng karena masih lambangnya pergerakan roda ekonomi di kabupaten tersebut

Dari segi pariwisata kabupaten soppeng memiliki objek wisata yang sudah cukup populer namun karena manajemen pengelolaan yang tak maksimal maka potensi dari priwisata juga belum cukup membanggakan. namun terungkap sebuah fakta bahwa kabupaten soppeng memiliki potensi besar jika dikelola dengan baik dan bukan tidak mungkin kabupaten soppeng akan melesat menjadi kabupaten maju dan besar di sulawesi selatan.

tepatnya di Kecamatan Marioriwawo Desa Goarie terdapat gunung tinggi menjulang yang biasa orang menyebutnya 'Lappamico' yang memiliki kandungan semen dengan kualitas tinggi, hal tersebut dipaparkan oleh investor asal jepang yang melakukan survey lapangan dan menemukan bahwa potensi kandungan semen yang ada di gunung 'Lappamico' sangat besar dan mampu bertahan dalam jangka puluhan tahun jika dikelola.

investor asal jepang pun sudah memiliki niat yang cukup besar untuk mengelola potensi tersebut tapi karena tidak tercapainya kesepatan antara pemerintah daerah dan pihak investor membuat rencana tersebut tak dilanjutkan. permasalahan tersebut diakibatkan oleh pihak investor yang menginginkan pembagian keuntungan yang banyak untuk pihak pengelola dan hanya sedikit bagian yang diberikan untuk pemerintah daerah kabupaten soppeng maka pemerintah memutuskan untuk tidak menyetujui rencana tersebut.

asa dan harapan muncul dari pemerintah kabupaten soppeng yang berharap kelak akan ada putera daerah soppeng yang sukses dan mau mengelola potensi sumber daya alam tersebut agar soppeng bisa menjadi salah satu kabupaten maju di sulawesi selatan.
Penulis : syamsurijal (mahasiswa PPs UNM)

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248
EmoticonEmoticon