Wednesday, 11 May 2016

Cara Merevisi Bahan Pembelajaran

Cara Merevisi Bahan Pembelajaran 
 
Mengapa merevisi bahan pembelajaran perlu dilakukan? Untuk menyempurnakan bahan pembelajaran sehingga lebih menarik, efektif bila digunakan dalam keperluan pembelajaran, sehingga memudahkan untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. 

Untuk dapat merevisi pembelajaran, dilakukan sesuai data yang diperoleh dari evaluasi formatif, yaitu penilaian perseorangan, penilaian kelompok kecil, dan hasil akhir uji coba lapangan Dick and Carrey (1985) mengemukakan ada dua revisi yang perlu dipertimbangkan, yaitu (1) revisi terhadap isi atau substansi bahan pembelajaran agar lebih cermat sebagia alat belajar, (2) revisi terhadap cara-cara yang dipakai dalam menggunakan bahan pembelajaran. 

Untuk keperluan bahan pembelajaran ada empat macam keterangan pokok yang menjadi sumber dalam melakukan revisi, yaitu (1) ciri anak didik dan tingkah laku masukan; (2) tanggapan langsung terhadap pembelajaran termasuk tes sisipan; (3) hasil pembelajaran pascate; (4) Jawaban terhadap kuesioner.

Berdasarkan beberapa penjelasan oleh ahli di atas maka dapat disimpulkan bahwa tujuan merevisi bahan pembelajaran adalah untuk mengetahui efektifitas media dan sumber pembelajaran dalam tercapainya tujuan pembelajaran 

Selain itu dengan melakukan revisi terhadap bahan pembelajaran, seorang guru bisa mengetahui kekurangan dan kelebihana bahan pembelajaran yang akan digunakan dalam proses pembelajaran..
 

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248
EmoticonEmoticon