Monday, 4 April 2016

PENGERTIAN PRAMUKA

PENGERTIAN PRAMUKA  
Kata “Pramuka” merupakan singkatan dari praja muda karana yang memiliki arti rakyat muda yang suka berkarya. Gerakan pramuka, disebut juga gerakan kepanduan, adalah lembaga pendidikan nonformal yang mengajarkan pengetahuan tentang pramuka dan kegiatan kegiatan kepramukaan serta tingkatannya kepada para pelajar kaum muda indonesia pada umumnya. Pramuka adalah sebutan bagi anggota gerakan pramuka (Kwarnas).

Pramuka adalah warga negara Indonesia yang aktif dalam pendidikan kepramukaan serta mengamalkan Satya Pramuka dan Darma Pramuka. Kepramukaan adalah proses pendidikan di luar lingkungan sekolah dan di luar lingkungan keluarga dalam bentuk kegiatan menarik, menyenangkan, sehat, teratur, terarah, praktis yang dilakukan di alam terbuka dengan Prinsip Dasar Kepramukaan dan Metode Kepramukaan, yang sasaran akhirnya pembentukan watak, akhlak, dan budi pekerti luhur (SK. Kwarnas No. 231 Thn 2001).

Gerakan pramuka adalah suatu gerakan pembinaan pemuda yang memiliki pengaruh mendunia. Gerakan kepanduan terdiri atas berbagai organisasi kepemudaan yang bertujuan untuk melatih fisik, mental dan spritual para pesertanya serta mendorong mereka untuk melakukan kegiatan posistif di masyarakat. Tujuan ini dicapai melalui program latihan dan pendidikan kepramukaan yang mengutamakan aktivitas praktis di lapangan (Azwar : 2012). 

Dari uraian singkat di atas , tampak bahwa pramuka Kepramukaan dan gerakan pramuka memilki pengertian dan cakupan masing-masing yang dapat diringkas sebagai berikut:
Pramuka mengacu pada orangnya ( peserta didik, pembina dan sebagainya)
Kepramukaan mengacu pada nama kegiatan (seperti jambore dan sebagainya)
Gerakan pramuka mengacu pada organisasinya (seperti gugus depan dan sebagainya).
PENGERTIAN PRAMUKA                                 

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248
EmoticonEmoticon