Friday, 8 April 2016

PENGERTIAN MENGAJAR MATEMATIKA


PENGERTIAN MENGAJAR MATEMATIKA
PENGERTIAN MENGAJAR MATEMATIKA
Mengajar merupakan salah satu tugas utama bagi seorang guru. Pada dasarnya me-ngajar merupakan suatu usaha untuk menciptakan kondisi lingkungan yang mendukung dan memungkinkan untuk berlangsungnya proses belajar. Oleh karena itu mengajar dika-takan baik apabila hasil belajar peserta didik baik. Hudojo (1990: 6) mengatakan mengajar adalah kegiatan dimana pengajar menyampaikan pengetahuan yang dimiliki kepada peser-ta didik. Menurut Burton (Rusyan, 1994: 26)  mengajar adalah upaya dalam memberikan stimulus, bimbingan, dan dorongan kepada siswa agar terjadi proses belajar.
Jadi mengajar pada hakekatnya adalah proses menyampaikan pengetahuan kepada peserta didik sedemikian hingga tercapai tujuan belajarnya. Dalam proses tersebut, penga-jar mencoba membantu, membimbing dan memotivasi peserta didik untuk mendapatkan pengetahuan, keterampilan dan sikap yang sesuai dengan tujuan belajarnya.
Dengan demikian mengajar matematika merupakan kegiatan pengajar agar peserta didiknya belajar untuk mendapatkan matematika, yaitu kemampuan, keterampilan dan si-kap  tentang matematika. Pengajar perlu menyadari bahwa peserta didik adalah manusia yang sukar diduga tindakannya. Karena itu pengajar matematika dalam menyampaikan materi matematika harus mempertimbangkan perkembangan intelektual, kemampuan dan kesiapan peserta didik. Sebagaimana anjuran Sukahar (1995: xiii) bahwa dalam pembela- jaran matematika perlu diusahakan sesuai perkembangan kognitif siswa, mengkonkritkan objek matematika yang asbtrak menjadi mudah dipahami siswa. Oleh karena itu mengajar matematika akan efektif bila kemampuan dan kesiapan mental peserta didik diperhitung- kan
PENGERTIAN MENGAJAR MATEMATIKA

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248
EmoticonEmoticon