PENGERTIAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING


A.  Pengertian Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Mind Mapping 
Model pembelajaran kooperatif tipe Mind Mapping pada hakikatnya adalah salah satu pengembangan model pembelajaran kooperatif yang memanfaatkan otak sebagai pusat pemerolehan informasi oleh siswa dengan cara memetakan pemikirannya terhadap informasi yang terdapat pada materi yang sedang dipelajari dan yang telah dipelajari/diingat sebelumnya sehingga siswa dapat dengan mudah memahami materi yang sedang dibahas. Sejalan dengan itu, Johan (Mahmuddin, 2009: 3) mengemukakan bahwa : 

Model pembelajaran kooperatif tipe Mind Mapping merupakan suatu teknik grafik yang sangat ampuh dan menjadi kunci yang universal untuk membuka potensi dari seluruh otak, karena menggunakan seluruh keterampilan yang terdapat pada bagian neo-korteks dari otak atau yang lebih dikenal sebagai otak kiri dan otak kanan.

Selain itu, model pembelajaran kooperatif tipe Mind Mapping juga memungkinkan terjadinya asosiasi yang lebih lengkap pada informasi yang ingin dipelajari, baik asosiasi antar sesama informasi yang ingin dipelajari ataupun dengan informasi yang telah tersimpan sebelumnya di ingatan Yovan (Mahmuddin, 2009: 3).

Mind Mapping merupakan suatu teknik grafik yang sangat ampuh dan menjadi kunci yang universal untuk membuka potensi dari seluruh otak, karena menggunakan seluruh keterampilan yang terdapat pada bagian neo-korteks dari otak atau yang lebih dikenal sebagai otak kiri dan otak kanan.

Ditinjau dari segi waktu, Mind Mapping juga dapat mengefisienkan penggunaan waktu dalam mempelajari suatu informasi. Hal ini utamanya disebabkan karena Mind Mapping dapat menyajikan gambaran menyeluruh atas suatu hal, dalam waktu yang lebih singkat. Dengan kata lain, Mind Mapping mampu memangkas waktu belajar dengan mengubah pola pencatatan linear yang memakan waktu menjadi pencatatan yang efektif yang sekaligus langsung dapat dipahami oleh individu. 

B. Tujuan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Mind Mapping dan Perbedaannya dengan Catatan Biasa 
 Mahmuddin (2009: 5) mengemukakan ”penerapan model pembelajaran kooperatif Mind Mapping bertujuan untuk membuat materi pelajaran terpola secara visual dan grafis yang akhirnya dapat membantu merekam, memperkuat, dan mengingat kembali informasi yang telah dipelajari”. Berikut ini disajikan perbedaan antara catatan yang menggunakan metode konvensional (catatan biasa) dengan catatan pemetaan pikiran (Mind Mapping).

            Tabel 2. Perbedaan Catatan Biasa dan Mind Mapping 
Catatan Biasa 
Mind Mapping 
hanya berupa tulisan-tulisan saja 
berupa tulisan, simbol dan gambar 
hanya dalam satu warna 
berwarna-warni 
untuk mereview ulang memerlukan waktu yang lama 
untuk mereview ulang diperlukan waktu yang pendek 
waktu yang diperlukan untuk belajar lebih lama 
waktu yang diperlukan untuk belajar lebih cepat dan efektif 
Statis 
membuat individu menjadi lebih kreatif. 

Dari uraian tersebut, dapat diasumsikan bahwa Mind Mapping adalah salah satu teknik mencatat yang mengembangkan gaya belajar visual karena memadukan dan mengembangkan potensi kerja otak yang terdapat di dalam diri seseorang. Dengan adanya keterlibatan kedua belahan otak maka akan memudahkan seseorang untuk mengatur dan mengingat segala bentuk informasi, baik secara tertulis maupun secara verbal. 

Adanya kombinasi warna, simbol, bentuk dan sebagainya memudahkan otak dalam menyerap informasi yang diterima. Mind Mapping yang dibuat oleh siswa dapat bervariasi pada setiap materi.Hal ini disebabkan karena berbedanya emosi dan perasaan yang terdapat dalam diri siswa setiap saat. Suasana menyenangkan yang diperoleh siswa ketika berada di ruang kelas pada saat proses belajar akan mempengaruhi penciptaan peta pikiran. Dengan demikian, guru diharapkan dapat menciptakan suasana yang dapat mendukung kondisi belajar siswa terutama dalam proses pembuatan Mind Mapping.

Proses belajar yang dialami seseorang sangat bergantung kepada lingkungan tempat belajar. Jika lingkungan belajar dapat memberikan sugesti positif, maka akan baik dampaknya bagi proses dan hasil belajar, sebaliknya jika lingkungan tersebut memberikan sugesti negatif maka akan buruk dampaknya bagi proses dan hasil belajar. 

C. Langkah - Langkah Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Mind Mapping 
Menurut Johan (Mahmuddin, 2009: 4), bahwa langkah-langkah pembelajaran kooperatif tipe  Mind Mapping  yaitu : 
1) Menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai; 
2) Guru mengemukakan konsep/permasalahan yang akan ditanggapi oleh siswa dan sebaiknya permasalahan yang mempunyai alternatif jawaban; 
3) Membentuk kelompok yang anggotanya 2-3 orang;               
4) Tiap kelompok menginventarisasi/mencatat alternatif jawaban hasil diskusi; 
5) Tiap kelompok (atau diacak kelompok tertentu) membaca hasil diskusinya dan guru mencatat di papan dan mengelompokkan sesuai kebutuhan guru; dan 
6) Dari data-data di papan siswa diminta membuat kesimpulan atau guru

Berdasarkan pendapat tersebut, dapat ditarik kesimpulan bahwa pelaksanaan Mind Mapping secara step by step, akan memudahkan seseorang/peserta didik untuk memahami dan mengingat materi pembelajaran yang tersaji dalam bentuk Mind Mapping karena dibuat dengan sangat menarik.

Dalam membuat Mind Mapping, (Buzan, 2011: 27) telah menyusun sejumlah aturan yang harus diikuti agar Mind Mapping yang dibuat dapat memberikan manfaat yang optimal. Berikut adalah ringkasan dari Law of Mind Mapping

1) Kertas: polos dengan ukuran minimal A4 dan paling baik adalah ukuran A3 dengan orientasi horizontal (Landscape). Central Topic diletakkan ditengah-tengah kertas dan sedapat mungkin berupa Image dengan minimal 3 warna, 

2) Garis: lebih tebal untuk bold dan selanjutnya semakin jauh dari pusat garis akansemakin tipis. Garis harus melengkung (tidak boleh garis lurus) dengan panjang yang sama dengan panjang kata atau image yang ada di atasnya. Seluruh garis harus tersambung ke pusat, 

3) Kata: menggunakan kata kunci saja dan hanya satu kata untuk satu garis. Harus selalu menggunakan huruf cetak supaya lebih jelas dengan besar huruf yang semakin mengecil untuk cabang yang semakin jauh dari pusat, 

4) Image: gunakan sebanyak mungkin gambar, kode, simbol, grafik, tabel dan ritme karena lebih menarik serta mudah untuk diingat dan dipahami. Kalau memungkinkan gunakan imageyang 3 dimensi agar lebih menarik lagi,

5) Warna: gunakan minimal 3 warna dan lebih baik 5 – 6 warna. Warna berbeda untuk setiap bold dan warna cabang harus mengikuti warna bold,
 
6) Struktur: menggunakan struktur radian dengan sentral topik terletak di tengah-tengah kertas dan selanjutnya cabang-cabangnya menyebar ke segala arah. Bold umumnya terdiri dari 2-7 buah yang disusun sesuai dengan arah jarum jam dimulai dari arah jam 1.
Dari pendapat di atas, dapat kita asumsikan bahwa pembuatan Mind Mapping yang mengikuti aturan-aturan tertentu, dapat memberikan manfaat yang optimal bagi peserta didik. 

D. Kelebihan dan Kelemahan Model pembelajaran Kooperatif tipe Mind Mapping 
Terdapat banyak kelebihan dari metode Mind Mapping (Peta Pikiran) karena model pembelajaran kooperatif tipe  Mind Mapping melibatkan kedua sisi otak yaitu menggunakan gambar, warna, dan imajinasi (wilayah otak kanan) bersamaan dengan kata, angka, logika (wilayah otak kiri) sehingga, belajar akan menjadi lebih menyenangkan. Salah satu kelebihan Mind Mapping (Peta Pikiran) adalah dapat membantu siswa dalam banyak hal, seperti memacu kreativitas, pemahaman dan daya ingat siswa. Berikut pendapat para ahli tentang kelebihan Mind Mapping (Peta Pikiran). 

Maghfiroh (2009: 45) mengemukakan kelebihan Mind Mapping (Peta Pikiran) sebagai berikut: (1) Memudahkan kita melihat gambaran keseluruhan, (2) membantu otak untuk: mengatur, mengingat, membandingkan, dan membuat hubungan, (3) memudahkan menambahkan informasi baru, (4) pengkajian ulang bisa lebih cepat, (5) setiap peta bersifat unik. Selain memiliki kelebihan, di dalam penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Mind Mapping terdapat beberapa kelemahan (Santoso,  2011: 5) yaitu: (1) hanya siswa yang aktif yang terlibat,  (2) tidak sepenuhnya siswa yang belajar, dan (3) jumlah detail informasi tidak dapat dimasukkan.
PENGERTIAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING

0 Response to "PENGERTIAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close