Wednesday, 16 March 2016

Strategi Pembelajaran Aktif Silent Demonstration

Strategi Pembelajaran Aktif Silent Demonstration
Pembelajaran Aktif Silent Demonstration
ILUSTRASI
Agus (2010: 12), mengungkapkan:
Strategi pembelajaran aktif Silent Demonstration merupakan strategi pembelajaran yang membantu siswa untuk menemukan jawaban dengan mengkontruksi sendiri pemikirannya berdasarkan Demonstration bisu/ percobaan dengan penjelasan siminim mungkin

Strategi ini dimaksudkan penyajian pelajaran dengan memperagakan dan mempertunjukkan kepada siswa tentang suatu proses, situasi atau benda tertentu, baik sebenarnya atau hanya sekedar tiruan. Strategi pembelajaran aktif Silent Demonstration, dilakukan oleh guru atau siswa lainnya dengan penjelasan sedikit mungkin. Peran siswa tidak hanya sekedar memperhatikan, akan tetapi juga dituntut untuk menjelaskan apa saja yang dilakukan oleh si pendemo dan bagaimana hasil akhir dari demo/percobaan tersebut. Strategi pembelajaran aktif Silent Demonstration cukup baik apabila digunakan dalam penyampaian bahan pelajaran khususnya IPA pada materi konsep energi bunyi.
Karakteristik strategi pembelajaran aktif Silent Demonstration
Masing-masing strategi pembelajaran, mempunyai karakteristik atau ciri-ciri tersendiri, demikian juga dengan strategi pembelajaran aktif Silent Demonstration. Menurut Agus (2010), sesuai dengan namanya Silent Demonstration, artinya demostrasi yang dilakukan dengan bisu atau tanpa ada suara. Jika pada pendidikan tingkat yang lebih tinggi demostrasi ini dilakukan tanpa sedikitpun suara, namun pada tingkat sekolah dasar dapat dilakukan dengan penjelasan tetapi seminim mungkin, penjelasan tersebut dapat berupa kata-kata kunci saja. Jadi ciri khas dari strategi ini adalah minimnya penjelasan saat melakukan Demonstration.
Baca juga: Pendekatan inQuiry
                   Pembelajaran kooperatif review
Tujuan strategi pembelajaran aktif Silent Demonstration
Menurut Hisyam (2008: 79) strategi pembelajaran aktif Silent Demonstration ini dapat digunakan untuk mengajar langkah-langkah suatu proses atau keterampilan yang lain. Dengan mendemonstrasikan langkah-langkah suatu prosedur dengan cara diam (bisu), guru mendorong peserta didik untuk tetap menjaga perhatian. Strategi ini dapat digunakan dengan baik untuk mengajarkan keterampilan atau materi-materi yang menuntut kerja psikomotor.
Langkah-langkah strategi pembelajaran aktif Silent Demonstration
Menurut Hisyam (2008: 79), langkah-langkah strategi pembelajarn aktif Silent Demonstration adalah sebagai berikut :
1) Tentukan prosedur atau langkah-langkah yang akan diajarkan kepada siswa, 2) Mintalah siswa untuk memperhatikan anda dalam mengerjakan prosedur, 3) Bentuk siswa menjadi pasangan-pasangan, demonstrasikan ulang bagian pertama dari prosedur kegiatan, 4) Minta beberapa orang untuk menjelaskan apa yang anda lakukan , 5) Beri kesempatan masing-masing pasangan untuk mempraktekkan prosedur, 6) Akhiri dengan memberi tantangn kepada siswa untuk melakukan prosedur dari awal sampai akhir.

kelebihan strategi pembelajaran aktif Silent Demonstration
Menurut Agus (2010: 26), Strategi pembelajaran aktif Silent Demonstration memiliki keunggulan dan kelemahan sebagaimana yang akan dipaparkan berikut ini:
Keunggulannya antara lain: 1) Dapat merangsang  siswa untuk lebih aktif dalam mengikuti proses belajar, 2) Dapat menambah pengalaman siswa, 3) Meningkatkan daya piker siswa, 4) Perhatian siswa dapat dipusatkan, 5) Bisa membantu siswa ingat lebih lama tentang materi yang disampaikan karena hasil dari pemikiran sendiri.
Berdasarkan kelebihan tersebut, strategi pembelajaran aktif Silent Demonstration juga memiliki kelemahan. Wijaya (2010: 26) mengemukakan kelemahan Strategi pembelajaran Silent Demonstration antara lalin :
1) Memerlukan persiapan yang lebih matang dan waktu yang banyak, 2) Memerlukan peralatan, bahan-bahan, dan tempat yang memadai, 3) Memerlukan kemampuan dan keterampilan guru dalam menentukan kata-kata kunci, 4) Dapat menimbulkan kesalahpahaman karena penjelasan.
Baca juga: Strategi pembelajaran inQuiry sosial
                    Pendekatan open ended
                    Model pembelajaran STAD (KLIK DISINI)
                    Metode pembelajarn Discovery 

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248
EmoticonEmoticon