Tuesday, 22 March 2016

Metode Pembelajaran Information search


Metode Pembelajaran Information search

A. Pengertian Metode Pembelajaran Information search
Menurut Silberman (2009: 152) bahwa, metode Information Search sama dengan ujian open book. Tim mencari informasi (normalnya dilakukan dalam pelajaran dengan teknik ceramah) yang menjawab pertanyaan yang diajukan kepadanya. Metode Information search ini khususnya sangat membantu dalam materi yang membosankan.
Sedangkan menurut Nhiro), ‘’metode pembelajaran mencari informasi (Information Search) adalah suatu metode pembelajaran mencari informasi’’. Informasi dapat diperoleh melalui Koran, buku paket, majalah, atau ineternet. Agar siswa aktif mencari informasi, maka guru membuat suatu permasalahan yang dituangkan di dalam LDS (lembar diskusi siswa).
Pembelajaran dengan menerapkan metode mencari informasi menekankan pada aspek kerjasama antar individu dimana keberhasilan kerja sangat dipengaruhi oleh keterlibatan dari setiap anggota kelompok itu sendiri. Inti pada pembelajaran dengan menggunakan metode mencari informasi ini adanya saling kerjasama antar anggota kelompok, dimana setiap anggota kelompok mempunyai tanggungjawab secara individu sekaligus kelompok, sehingga dari perbedaan masing-masing individu dapat saling bertukar pikiran dan berinteraksi secara terbuka untuk menyelasaikan persoalan yang dihadapi. Pencarian informasi ini dilakukan secara berkelompok kecil, yang bertujuan agar permasalahan pada materi tersebut terselesaikan dengan cepat, dan apabila ada siswa yang malu bertanya kepada guru, siswa dapat bertanya dengan teman sekelompoknya, sehingga terjadi tukar pendapat antar anggota kelompok. 

B. Kelebihan Motode Pembelajaran Information Search 
Penggunaan metode mencari informasi ini memiliki kelebihan yaitu dapat membuat siswa memiliki informasi lebih tentang materi yang diajarkan serta siswa dapat memiliki daya berinkuiri dan saling bekerjasama. Menurut Nhiro (2010:  kelebihan dari metode pembelajaran Information Search adalah sebagai berikut:
1) Siswa menjadi siap memulai pelajaran, karena siswa belajar terlebih dahulu sehingga memiliki sedikit gambaran dan menjadi lebih paham setelah mendapat tambahan penjelasan dari guru,
2) Siswa aktif bertanya dan juga akan membuat siswa mampu memberikan respon balik terhadap materi pembelajaran secara aktif, tidak harus menunggu informasi dari guru dan kegiatan pembelajaran pun jadi menyenangkan. Jadi, metode ini selain akan membuat materi yang akan diajarkan menjadi menarik, juga akan membuat siswa semakin aktif dan hasil belajar yang diinginkan pun dapat tercapai. 
3) Materi dapat diingat lebih lama. 
4) Kecerdasan siswa diasah pada saat siswa mencari informasi tentang materi tersebut tanpa bantuan guru.
5) Mendorong tumbuhya keberanian mengutarakan penapat secara terbuka dan memperluas wawasan melalui bertukar pendapat secara kelompok.
6) Siswa belajar memecahkan masalah sendiri secara kelompok dan saling bekerjasama’’.
Berdasarkan pendapat diatas dapat dirumuskan bahwa kelebihan dari metode Information Search adalah sebagai berikut: 
1)   Siswa akan lebih siap melaksanakan pembelajaran. 
2)   Siswa akan aktif dalam pembelajaran baik dalam bertanya ataupun member umpan balik. 
3)   Siswa akan lebih lama mengingat materi pelajaran. 
4)   Siswa akan terdorong untuk memperluas wawasannya 
5)   Siswa belajar memecahkan masalah baik itu secara individu maupun kelompok. 

C. Kelemahan atau kekurangan metode pembelajaran Information Search 
Menurut pendapat Nhiro, Kekurangan dari metode pembelajaran Information Search adalah adalah sebagai berikut : 
1) siswa yang jarang memperhatikan atau bosan jika bahasan dalam metode tersebut tidak disukai pelaksanaan metode harus dilakukan oleh guru yang kreatif dan vokal, sedangkan tidak semua pendidik di Indonesia memiliki karakter tersebut,
2) Tidak semua lembaga bisa melaksanakannya, karena fasillitas harus tersedia menjadi hambatan dengan berbagai pola pikir dan karakter siswa yang berbeda-beda.

Berdasarkan pendapat diatas dapat dirumuskan bahwa kekurangan dari metode Information Search adalah sebagai berikut: 
1) Siswa cenderung akan jenuh jika guru tidak mampu kreatif dalam mengaplikasikan metode pembelajaran Information Search
2) Sekolah harus memiliki fasilitas-fasilitas yang dibutuhkan untuk mencari informasi dalam hal ini, misalkan buku-buku pelajaran harus tersedia. 

D. Langkah - langkah Motode Pembelajaran Information Search 
Adapun langkah-langkah metode pembelajaran Information Search menurut Silherman (2009: 152) , adalah sebagai berikut :
1) Buatlah kelompok pertanyaan yang bisa dijawab dengan cara mencari informasi yang dapat dijumpai di sumber materi yang telah dibuat untuk siswa (sumber informasi yang bisa didapatkan oleh siswa dari handout, dokumen, buku teks, informasi dari internet, dll),
2) Berilah pertanyaan tentang topik,
3) Biarkan siswa mencari informasi dalam tim kecil (persaingan sehat bisa membantu untuk mendorong partisipasi),
4) Tinjau kembali jawaban selagi di kelas, kembangkan jawaban untuk memperluas jangkauan belajar’’.  
#Metode Pembelajaran Information search
# Pembelajaran Information search 


Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248
EmoticonEmoticon